Cara Naik Pesawat untuk Anda yang Pertama Kali

Anda baru pertama kali ini naik pesawat terbang? Jika benar tebakan kami, Anda pasti sedang merasa gundah gulana saat ini. Di satu sisi Anda merasa sangat bahagia karena akhirnya bisa menaiki pesawat, tetapi di sisi lain Anda juga merasa takut akan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Bahkan Anda pun merasa kebingungan sendiri sebab belum mengetahui dengan pasti bagaimana prosedur naik pesawat yang benar.

Pesawat menjadi pilihan alat transportasi yang utama untuk pergi ke suatu tempat yang jaraknya sangat jauh. Hal ini dikarenakan pesawat mampu bergerak dengan cepat sekali jauh melebihi kecepatan alat transportasi darat atau air. Sehingga perjalanan Anda pun menjadi lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Namun karena harga tiketnya mahal, orang-orang biasanya memakai pesawat hanya untuk perjalanan penting saja.

panduan-cara-naik-pesawat.jpg

Jika ini merupakan kali pertama Anda menaiki pesawat terbang, Anda tidak perlu khawatir lagi sebab kami akan memberikan panduan naik pesawat dengan lengkap beserta tips-tipsnya.

  1. Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Anda sebaiknya membeli tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Tujuannya supaya Anda bisa memilih dengan leluasa maskapai penerbangan mana yang diambil agar mendapatkan harga tiket paling murah. Proses pemesanan tiket pesawat ini bisa dilakukan secara online. Setelah selesai melakukan pemesanan, Anda akan menerima kode pemesanan yang dikirimkan ke email Anda. Gunakan kode tersebut untuk mencetak tiket pesawat sesungguhnya saat Anda check-in di bandara.

  1. Cek Kuota Bagasi yang Tersedia

Masing-masing maskapai penerbangan memiliki kebijakan tersendiri mengenai kuota bagasi gratis yang akan didapatkan oleh para penumpangnya. Biasanya sih sekitar 15-20 kilogram. Anda wajib mengetahui kuota tersebut sehingga bisa membatasi barang bawaan untuk menghindari biaya ekstra akibat bagasi yang kelebihan muatan. Saat naik pesawat, biasakanlah diri Anda cukup membawa dua tas yaitu tas khusus untuk pakaian dan tas untuk barang-barang lain.

  1. Datang ke Bandara Lebih Awal

Prosedur naik pesawat itu berbeda dari naik bis, kapal feri, atau kereta api. Anda harus mengurus beberapa hal terlebih dahulu sebelum akhirnya diperbolehkan masuk ke pesawati. Oleh karena itu, Anda harus datang ke bandara lebih awal dari waktu keberangkatan paling tidak 1-2 jam sebelumnya. Setibanya di bandara, Anda bisa langsung menuju ke terminal keberangkatan sesuai nama maskapai yang akan dinaiki. Kemudian tunjukkan hasil print out tiket yang telah Anda pesan kepada petugas.

  1. Lakukan Check-in dengan Tertib

Langkah selanjutnya ialah melakukan check-in di loket yang sesuai dengan nama maskapai untuk mendapatkan boarding pass. Dalam proses ini, pihak maskapai akan mencatat setiap penumpang yang datang ke dalam data penerbangan. Anda cukup menunjukkan kode booking yang tertera pada hasil print out tiket Anda kepada petugas. Lalu serahkan identitas diri berupa KTP untuk penerbangan dalam negeri atau paspor untuk penerbangan luar negeri.

Setelah itu, serahkan semua tas bawaan Anda kepada petugas untuk dilakukan penimbangan. Kemudian tas Anda akan dipasangi label. Anda juga akan mendapatkan bukti nomor tas sesuai label tersebut. Simpanlah bukti tersebut karena nantinya digunakan untuk mengambil tas Anda kembali. Setelah itu, Anda akan menerima boarding pass yang berisi informasi tentang nomor penerbangan, nomor kursi, dan nomor pintu keberangkatan.

  1. Memasuki Ruang Keberangkatan

Silakan tunggu penerbangan di ruang keberangkatan. Pastikan Anda menunggu di ruangan yang benar karena nantinya Anda hanya bisa memasuki pesawat melalui pintu yang tersedia. Maka dari itu, jangan lupa cocokkan nomor pesawat dan nomor pintunya. Sembari menunggu dengarkan semua pengumuman yang dikemukakan oleh petugas dengan baik. Anda juga bisa melihat jadwal keberangkatan pesawat di papan informasi yang tersedia.

  1. Kini Waktunya Naik Pesawat

Setelah Anda mendengar pengumuman bahwa pesawat penerbangan Anda akan segera diberangkatkan, silakan antre di depan pintu keberangkatan. Matikan ponsel Anda serta siapkan KTP/paspor dan boarding pass. Serahkan kartu identitas dan boarding pass kepada petugas. Petugas akan memeriksanya dengan teliti, merobek beberapa, ada juga yang disimpan petugas, sisanya lagi dikembalikan kepada Anda. Pastikan kartu bukti nomor tas diterima lagi oleh Anda ya.

  1. Menuju ke Kursi Pesawat

Berjalanlah menuju ke pesawat yang akan Anda naiki. Jika nomor kursi Anda berada di urutan awal, masuklah dari pintu depan. Sedangkan bila nomor kursi Anda berada lebih dari nomor 21, Anda bisa memasuki pesawat dari pintu belakang. Carilah nomor kursi yang sesuai dengan boarding pass Anda. Letakkan semua barang bawaan Anda di kompartemen yang terletak di atas tempat duduk. Setelah itu, duduk dengan tenang dan nikmati perjalanan.