Cara Memesan Nasi Kandar, Kuliner Mirip Nasi Padang di Malaysia

Ke Malaysia, Anda bisa jalan-jalan menikmati panorama negeri ini sekaligus kuliner tradisionalnya. Perlu Anda ketahui, penduduk Malaysia terdiri dari berbagai etnis seperti melayu, china, india, dan arab. Maka tak heran, Malaysia pun mempunyai makanan khas yang begitu kental dengan nuansa dari suku bangsa ini. Salah satu makanan tradisional Malaysia yang memiliki cita rasa khas india yaitu nasi kandar. Sekilas sajian nasi kandar ini mirip sekali dengan nasa padang di Indonesia loh.

Kemiripan nasi kandar dengan nasi padang terutama terletak pada ragam variasi menunya yang begitu banyak serta tata cara pelayanannya pun dilakukan dengan metode prasmanan. Bedanya yaitu hidangan yang tersedia di nasi kandar merupakan makanan-makanan khas india. Seporsi nasi kandar bersi nasi dengan aneka lauk yang bervariasi, di mana Anda dapat menentukan sendiri hidangan lauk pauk yang akan dinikmati. Dijamin puas deh memakannya karena porsi nasi kandar ini besar loh.

cara-memesan-nasi-kandar.jpg

Nasi kandar awalnya merupakan nasi yang dijajakan secara keliling. Penjual nasi kandar akan memikul dua wadah besar yang masing-masing berisi nasi dan aneka ragam lauk pauk. Beberapa hidangan yang biasanya ada di dalam nasi kandang di antaranya ayam goreng, udang goreng, cumi goreng, telur, ikan, serta daging kambing dan daging domba yang dimasak kari. Sedangkan untuk sayurannya meliputi pare, kubis, kacang panjang, daun singkong, dan terung yang dimasak bumbu kunyit.

Saat menyantap nasi kandar, kita akan merasa hidangan yang begitu kaya dengan rempah-rempah. Mayoritas masakan di sini merupakan kari dengan kuah yang kental. Bumbu rempah dan herba menyatu dalam nasi putih menciptakan rasa yang sungguh lezat dan harmonisasi aroma yang sedap sekali. Banjir kuah kari di atas nasi kandar membuat penampilan nasi ini nampak sangat menggiurkan. Pokoknya bila ke Malaysia, sekali-kali Anda harus merasakan kenikmatan nasi kandar ini.

cara-order-nasi-kandar.jpg

Lantas, bagaimana sih caranya memesan nasi kandar? Prosesnya kurang lebih sama seperti ketika kita memesan makanan di warung nasi padang ataupun warung nasi tegal kok.

  1. Silakan Anda mengunjungi restoran atau rumah makan yang menyediakan nasi kandar. Lalu Anda bisa pergi langsung ke bagian pemesanan makanan.
  2. Sampaikan maksud Anda bahwa ingin memesan nasi kandar. Pelayan pun dengan sigap akan mengambil sepiring nasi putih penuh untuk Anda.
  3. Tunjuklah lauk pauk yang ingin Anda pesan. Di sini Anda bebas mau memesan lauk pauk apa saja sesuai selera Anda. Pelayan akan menuangkan lauk pauk yang dimaksud Anda ke atas nasi.
  4. Jangan lupa memesan minuman juga di sini. Untuk minuman yang tersedia sih sama saja seperti rumah makan khas Malaysia pada umumnya. Minuman yang paling khas tentunya teh tarik.
  5. Selanjutnya ada pelayan yang akan memberikan struk total harga makanan yang harus dibayar. Rata-rata nasi kandar dibanderol sekitar Rm 5.00-8.00 tergantung lauk yang dipilih.
  6. Anda bisa langsung melunasi pembayaran di bagian kasir atau boleh juga membayar setelah Anda menghabiskan nasi kandar tersebut. Yang penting bayar sih.
  7. Selamat menikmati nasi kandar pesanan Anda. Nasi kandar ini memiliki cita rasa khas rempah-rempah india yang begitu kental. Dijamin Anda akan mendapatkan sensasi baru di sini.