Cara Memesan Makanan di Hanamasa yang Benar

Siapa yang belum tahu tentang Hanamasa nih? Hanamasa merupakan restoran dengan konsep all you can eat yang menyediakan menu makanan khas Jepang. Apa itu konsep all you can eat? All you can ialah suatu konsep yang memungkinkan kita bisa makan sepuas-puasnya setelah membayar paket makanan tertentu. Hanamasa sendiri menyediakan dua paket yaitu makan sepuasnya serta makan dan minum sepuasnya. Anda sendiri bisa memilihnya sesuka hati dan sesuai budget tentunya.

Makanan-makanan yang disajikan di Hanamasa terdiri dari berbagai menu di bawah ini :

  1. Makanan pembuka (appetizer)
  2. Makanan sup
  3. Makanan penyela
  4. Makanan utama (main course)
  5. Makanan penutup (dessert)

cara-makan-di-hanamana.jpg

Khususnya buat Anda yang baru pertama kali datang ke Hanamasa, kami berikan panduan bagaimana sih caranya memesan makanan di restoran ini.

Pergi ke Restoran Hanamasa Dulu Ya

Restoran Hanamasa ialah restoran Jepang pertama di Indonesia yang memiliki taraf internasional. Yang menarik dari restoran ini yaitu konsep penyajiannya yang mengusung sistem self-service. Artinya di sini kita sendiri lah yang melayani diri sendiri. Kurang lebih mirip seperti prasmanan. Kini restoran Hanamasa telah mempunyai banyak outlet, terutama di mall dan plaza yang ada di berbagai kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Medan, dan lain-lain.

tips-makan-di-hanamasa.jpg

Langsung Pesan Paket Makanannya

Setelah tiba di Hanamasa, Anda tinggal langsung pergi ke bagian kasir untuk melakukan pemesanan. Di sini Anda bisa memesan paket makanan apakah paket makan sepuasnya atau paket makan dan minum sepuasnya. Silakan pertimbangkan dengan baik sesuai hidangan yang ingin Anda nikmati pada saat itu. Ingat ya, walaupun kita bisa mengambil makanan sepuas-puasnya, tetapi setiap paket makanan di sini hanya boleh dinikmati oleh satu orang saja. Sehingga bila Anda datang ke Hanamasa bersama dengan seorang teman, maka Anda harus membeli dua paket.

cara-order-makanan-hanamasa.jpg

Tentukan Menu Makanan Utamanya

Hanamasa mempunyai dua hidangan utama di antaranya yakiniku dan shabu-shabu. Yakiniku adalah makanan yang dimasak dengan cara dipanggang. Sedangkan shabu-shabu merupakan makanan yang dimasak dengan cara direbus. Sayangnya nih, di setiap paket kita harus memilih apakah mau memakan yakiniku atau shabu-shabu. Anda tidak bisa memesan yakiniku dan shabu-shabu sekaligus di dalam satu paket. Kalau Anda pergi ke sini bersama seorang teman, kami sarankan pesanlah satu paket yakiniku dan satu paket shabu-shabu sehingga Anda berdua dapat mersakan kedua makanan ini.

Cara Memasak Makanan di Hanamasa

Waitress akan mempersiapkan meja Anda dengan baik, termasuk menata setiap peralatan masak yang dibutuhkan untuk membuat yakiniku atau shabu-shabu serta menyiapkan semua bumbu-bumbu dan saus yang Anda perlukan untuk memasak. Silakan Anda tinggal duduk dengan manis ya sampai waitress tersebut selesai dan mempersilakan Anda mulai makan. Kemudian Anda bisa mulai memasak bahan-bahan makanan yang sebelumnya sudah diambil dari meja. Silakan ambil bahan-bahan makanan sepuas hati karena begitulah peraturan dasar makan di Hanamasa.

cara-pesan-makanan-hanamasa.jpg

Cara Mengambil Bahan-bahan Makanan

Walaupun Anda harus membayar uang yang lumayan banyak untuk bisa makan di Hanamasa, tapi Anda pun bisa mengambil makanan sebanyak-banyaknya di sini. Jadi imbang banget kan? Hanamasa tidak hanya menyediakan daging sapi saja loh, di sini ada pula bahan-bahan makanan berupa daging ayam, seafood, jamur, dan sayuran pastinya. Sehingga bohong banget kalau ada orang yang mengaku tidak puas setelah makan di Hanamasa.

Anda bisa mengambil semua makanan ini berulang-ulang kali.  Bahkan sebelum mulai memasak shabu-shabu/yakiniku, Anda juga bisa mengambil appetizer, sup, dan makanan penyela terlebih dahulu. Ada pula robatayaki yaitu sate-satean khas Jepang yang juga boleh Anda pesan sesuka hati. Anda bisa mengambilnya sendiri langsung ya di meja buffet khusus. Jangan menunggu karena tak akan ada waitress yang membawakannya untuk Anda. Khusus untuk Anda yang membeli paket makan dan minum sepuasnya, jangan lupa mengambil minumannya juga.

cara-memasak-di-hanamasa.jpg

Tips dan Trik Makan di Hanamasa

Untuk makan di Hanamasa, kita memang perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun uang yang telah kita bayarkan tersebut sepadan dengan bahan-bahan makanan yang kita terima serta pelayanan makan di sini. Agar Anda tidak merugi saat makan di Hanamasa, ketahui yuk kiat-kiat makannya!

  1. Usahakan perut Anda dalam keadaan lapar dan keroncongan saat hendak pergi ke Hanamasa. Jangan makan dulu di rumah ya. Semakin lapar perut Anda, maka akan semakin bagus. Sehingga Anda bisa menghabiskan makanan dalam porsi yang lebih banyak di sini.
  2. Kenakan pakaian yang longgar supaya perut Anda tetap merasa nyaman meskipun sudah diisi dengan bahan makanan sampai penuh. Jangan kenakan pakaian yang sempit atau menggunakan ikat pinggang, perut Anda akan terasa terhimpit karenanya.
  3. Kalau ke Hanamasa jangan pergi sendirian ya. Suasana di restoran ini akan lebih mengasyikkan bila Anda datangnya beramai-ramai. Setidaknya Anda dapat mengajak seorang teman untuk ke tempat ini. Dengan begitu, Anda tidak merasa sungkan untuk mengambil banyak makanan.
  4. Jangan pesan satu macam menu utama saja. Misalnya kalau Anda pergi ke sini berdua orang, maka Anda bisa memesan 1 paket shabu-shabu dan 1 paket yakiniku. Tenang saja. Nantinya Anda dan teman Anda boleh kok memakan shabu-shabu dan yakiniku sekaligus yang sudah ada di meja Anda.
  5. Jangan pernah memesan minuman yang ada di daftar menu karena Anda akan dikenai biaya tambahan. Minuman-minuman yang ada di daftar menu tersebut bukan termasuk paket all you cat eat ya. Minuman yang bisa diambil sepuasnya yaitu minuman yang sudah ada di meja khusus bersama bahan-bahan makanan lainnya.
  6. Jika ada seorang waitress yang menawari Anda suatu makanan atau minuman, jangan langsung mengiyakan untuk memesannya juga. Tanyakan dulu apakah makanan/minuman tersebut sudah termasuk dalam paket all you can eat sehingga Anda dapat memesannya secara gratis atau tidak. Kalau harus bayar lagi, mending tolak saja deh.
  7. Hindari dahulu makanan atau minuman yang manis, mengadung karbohidrat yang tinggi, serta makanan-makanan yang nampak begitu berat. Sebab makanan atau minuman seperti ini akan menyebabkan perut Anda cepat merasa kenyang sehingga tidak bisa menghabiskan banyak makanan.