Cara Membawa Hewan Peliharaan Naik Pesawat

Bepergian menggunakan pesawat memang sangat menyenangkan. Selain waktu perjalanannya menjadi lebih cepat, kita pun bisa mendapatkan pengalaman baru ketika naik pesawat. Namun bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh dalam waktu lama menggunakan pesawat tetapi harus membawa serta binatang peliharaan Anda, Anda pasti merasa galau sendiri. Pasalnya rata-rata maskapai penerbangan melarang penumpang untuk membawa binatang peliharaan apapun ke dalam pesawat.

Tetapi kenyataannya tidak semua maskapai penerbangan melarang penumpang membawa serta hewan peliharannya ikut naik pesawat loh. Sejumlah maskapai memperbolehkan kita untuk membawa binatang peliharaan. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipatuhi bagi penumpang yang hendak membawa binatang kesayangannya. Anda harus menaati peraturan ini dengan baik supaya diperbolehkan oleh petugas untuk membawa serta binatang tersebut terbang.

hewan-peliharaan-naik-pesawat.jpg

Bagi Anda yang baru pertama kali membawa binatang untuk naik pesawat, berikut ini tata caranya!

Langkah 1 : Carilah Maskapai Penerbangannya Dulu

Tak semua maskapai penerbangan mendukung layanan pengiriman binatang. Malahan jumlah maskapai penerbangan yang dapat membawa binatang ini relatif sedikit sekali. Tugas utama Anda yaitu mencari maskapai penerbangan yang mana saja yang memiliki layanan ini. Kebanyakan sebagian besar maskapai penerbangan ternama mendukung layanan pengiriman binatang. Silakan Anda bisa membuat daftar nama maskapai-maskapai tersebut agar lebih mudah dalam membandingkannya nanti.

Langkah 2 : Pilih Maskapai Penerbangan Paling Tepercaya

Jangan mempertaruhkan keselamatan binatang kesayangan Anda hanya untuk biaya yang murah. Anda harus mengutaman kualitas pelayanan maskapai tersebut dalam mengatur, menata, dan menyimpan binatang-binatang selama di dalam pesawat. Untuk mencari tahu reputasi masing-masing maskapai ini, Anda bisa bertanya langsung kepada teman yang pernah membawa serta binatang peliharaannya naik pesawat. Anda juga bisa mencari informasi pengalaman pribadi blogger di website pribadinya.

Langkah 3 : Tentukan Mau Pakai Cargo atau Bagasi?

Setidaknya terdapat dua pilihan tempat untuk memuat binatang Anda selama menaiki pesawat terbang. Pertama yaitu cargo. Sedangkan pilihan kedua adalah bagasi. Kelebihan menggunakan cargo pesawat untuk memuat binatang yaitu tarifnya lebih terjangkau dibandingkan bagasi. Sementara kalau memakai bagasi tarifnya memang lebih mahal, tetapi Anda bakal lebih mudah dalam mengawasi binatang Anda tersebut. Silakan pilih tempat penyimapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Langkah 4 : Lakukan Pemesanan Tiket Pesawat

Kalau memang Anda berencana untuk membawa binatang peliharaan selama bepergian, maka sedari awal sejak pemesanan tiket pesawat, Anda harus memberitahukan kepada petugasnya tentang rencana tersebut. Sebab untuk bisa membawa serta binatang ini, Anda akan dikenai biaya khusus walau bobot binatang yang dibawa tidak terlalu berat sekalipun. Lakukan pemesanan tiket pesawat secara lengkap, termasuk tiket untuk pengangkutan binatang kesayangan Anda.

binatang-peliharaan-naik-pesawat.jpg

Langkah 5 : Uruslah Dokumen-dokumen Pendukung

Salah satu syarat untuk bisa membawa binatang peliharaan naik pesawat yaitu binatang tersebut wajib dilengkapi dengan dokumen-dokumen resmi antara lain :

  • Surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan bahwa binatang peliharaan Anda sehat dan tidak mempunyai penyakit yang menular
  • Surat izin pengangkutan dari badan karantina hewan. Biasanya Anda dapat mengurus surat ini di Dinas Pertanian Kabupaten/Kota setempat.
  • Surat pembebasan tanggungjawab. Surat ini akan Anda dapatkan saat menyerahkan binatang kepada petugas di bandara.

Langkah 6 : Siapkan Kandang Hewan yang Nyaman

Sebelum tanggal pemberangkatan, ada baiknya Anda membiaskan hewan peliharaan Anda untuk hidup di kandang dalam waktu yang cukup lama. Jangan lupa siapkanlah kandang yang nyaman serta sesuai dengan prosedur yang disetujui oleh pihak maskapai. Biasanya maskapai mewajibkan kandang yang terbuat dari kaca serat atau plastik yang kaku. Kalau kandang tersebut memiliki roda, maka rodanya harus dilepas atau ditutup dulu menggunakan selotip.

Berikanlah makanan dan minuman ke binatang peliharaan Anda paling tidak 2 jam sebelum waktu penerbangan. Sebab kalau sudah berada di dalam pesawat, binatang tersebut sama sekali tidak boleh makan dan minum. Sementara itu, jika Anda akan memberikan obat bius ke binatang peliharaan Anda, maka pemberiannya harus sesuai petunjuk dari dokter hewan dengan dosis yang tepat dan tidak boleh berlebihan memberikan obat bius.