Cara Makan Kerang Dara buat Anda yang Baru Pertama Mencobanya

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai. Selain berenang dan bermain pasir, Anda juga dapat mencari kerang loh. Di pantai, banyak tersedia kerang yang bisa diambil secara gratis. Kalau beruntung, Anda bahkan bisa mengumpulkan sekantung penuh kerang yang masih hidup. Jenis-jenis kerang yang sanggup Anda kumpulkan pun bermacam-macam. Di antaranya yaitu kerang dara, kerang hijau, kerang tahu, kerang bambu, kerang remis, dan masih banyak lagi.

Kali ini Anda mungkin berhasil mengumpulkan kerang dara. Biasanya sih kerang dara banyak ditemukan di daerah pantai yang mengandung lumpur. Ya, kerang ini memang senang bersembunyi di balik lumpur. Meskipun awalnya kotor sekali dan dipenuhi lumpur, namun setelah dibersihkan beberapa kali, kerang dara ini langsung bersih dan layak untuk dimakan kok. Nah, khusus bagi Anda yang baru pertama kali memasak sendiri kerang dara, kami akan berikan panduannya.

cara-mencuci-kerang-dara.jpg

Kerang dara yang baru Anda tangkap tak boleh langsung dimasak. Anda bisa mencucinya terlebih dahulu sampai bersih. Berikut ini tata cara dalam mencuci kerang dara yang benar :

  1. Masukkan semua kerang dara yang Anda dapatkan ke dalam ember. Kemudian tuangkan air sampai tingginya melebihi tumpukan kerang.
  2. Cucilah kerang dara layaknya Anda sedang mencuci beras. Bolak-balikkan tumpukan kerang ini hingga semua kotorannya terlarut dengan air. Lalu buanglah airnya.
  3. Ulangi langkah-langkah di atas hingga sebanyak 3-5 kali. Kalau pada bilasan ketiga air cuciannya sudah cukup jernih, Anda bisa berhenti mencucinya.
  4. Pindahkan kerang dara yang sudah dicuci bersih ke baskom. Tambahkan air sampai memenuhi isi baskom. Taburkan pula 2-3 sendok makan garam. Rendamlah kerang selama 2-3 jam.
  5. Buanglah air rendaman kerang dara tadi. Bilas sekali lagi menggunakan air sampai bersih. Kini kondisi kerang dara sudah bersih total. Anda bisa langsung memasaknya.

cara-mencari-kerang-dara.jpeg

Untuk memasak kerang dara yang benar, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Tuangkan air secukupnya ke dalam panci. Kira-kira air ini bisa merendam seluruh kerang dara pada saat direbus nanti.
  2. Rebuslah air di dalam panci tersebut. Tunggu sampai kondisi airnya benar-benar mendidih ya. Baru deh masukkan kerangnya. Kenapa? Agar banyak kerang yang terbuka sendiri.
  3. Rahasia merebus kerang dara agar cangkangnya terbuka yaitu Anda harus merebusnya di dalam air yang benar-benar mendidih. Silakan masukkan semua kerang dara ke panci.
  4. Waktu perebusan kerang dara biasanya sekitar 8-10 menit sudah matang dengan sempurna. Sebaiknya Anda mengeceknya dahulu sebelum mematikan kompor.
  5. Kerang dara yang telah direbus harus segera ditiriskan dari air rebusannya. Tetapi Anda jangan membuang air rebusan kerang ini karena bisa dijadikan kaldu kerang yang lezat.
  6. Selesai ditiriskan, kerang dara bisa Anda cuci sebentar dengan air dingin agar suhunya tak panas lagi. Hal ini akan menghentikan proses memasaknya sehingga tekstur kerang menjadi kenyal.
  7. Untuk air rebusan kerang dara, Anda perlu menyaringnya memakai kain katun terlebih dahulu. Barulah kemudian kaldu kerang ini bisa diolah menjadi sup atau kari seafood.

cara-merebus-kerang-dara.jpg

Memang benar, trik memasak kerang dara seperti yang kami jelaskan di atas akan membuat banyak cangkang kerang dara terbuka sendiri tatkala direbus. Namun tetap saja ada sebagian kerang dara yang belum terbuka cangkangnya. Mau tidak mau, Anda harus membuka cangkang kerang tersebut sendiri untuk bisa mengambil daging yang tersembunyi di dalamnya. Tetapi bagaimana sih caranya membuka cangkang kerang dara itu?

cara-makan-kerang-dara.jpg

Begini nih trik membuka cangkang kerang dara supaya Anda berhasil melakukannya sendiri!

  1. Ambil kerang dara yang ingin dibuka cangkangnya. Peganglah kerang tersebut memakai kedua tangan Anda.
  2. Posisikan bagian cangkang yang dapat dibuka di bagian atas. Sedangkan bagian “engselnya” menghadap ke bawah.
  3. Letakkan kedua jari telunjuk Anda di bagian “engsel” kerang dara untuk menahan posisinya.
  4. Letakkan kedua ibu jari Anda di mulut kerang/bagian yang bisa dibuka. Ibu jari kiri harus berada di depan ibu jari kanan.
  5. Sisipkan kuku dari kedua ibu jari Anda tepat pada garis mulut kerang. Yap, Anda mesti membuka kerang ini memakai kuku.
  6. Kemudian tariklah ibu jari kanan ke arah kanan dan ibu jari kiri ke arah kiri. Lakukan dengan sedikit hentakan.
  7. Seketika cangkang kerang dara pun akan terbuka. Kini Anda bisa mengambil daging yang berada di dalamnya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!