Cara Check In di Bandara dengan E-ticket

Terbang naik pesawat merupakan impian semua orang. Untungnya kini kita bisa naik pesawat dengan mudah dan murah. Semua ini berkat kemajuan di bidang teknologi yang memudahkan umat manusia dalam menjalani kehidupannya. Naik pesawat memang terasa menyenangkan. Kita bisa terbang bagaikan burung melintasi birunya lautan dan hijaunya pegunungan. Jarak yang jauh bisa ditempuh dengan cepat menggunakan pesawat terbang.

Sekarang naik pesawat bisa dirasakan oleh semua orang, bukan hanya orang yang konglomerat saja. Banyaknya maskapai penerbangan saat ini berlomba-lomba menarik perhatian para calon konsumen lewat promosi harga tiket pesawat yang murah. Tidak hanya itu, proses pemesanan tiket pesawat pun kini semakin mudah. Bahkan Anda bisa melakukannya dari rumah memakai aplikasi perjalanan yang terpasang di handphone Anda sendiri.

cara-check-in-e-ticket-pesawat.jpg

Ada banyak sekali aplikasi perjalanan yang bisa Anda gunakan untuk memesan tiket pesawat secara online. Kami sarankan pilihlah aplikasi ternama yang memang sudah memiliki reputasi baik di mata para penggunanya. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan yang bagus, baik sebelum memesan tiket pesawat maupun sesudahnya. Hindari aplikasi abal-abal yang bahkan nama aplikasinya saja baru pertama kali Anda mendengarnya.

Ketika Anda melakukan reservasi tiket pesawat secara online, jenis tiket yang akan didapatkan berupa tiket elektronik (e-ticket), bukan tiket fisik. Lantas, apakah Anda perlu mencetak tiket tersebut sebagaimana pada tiket kereta api? Kabar baiknya adalah tidak. Anda bisa langsung menggunakan e-ticket tadi tanpa perlu mencetaknya. Anda juga bisa langsung memakai e-ticket ini untuk check in di bandara. Bagaimana caranya?

Langkah I. Datang ke Bandara

Tentu saja proses check in harus dilakukan langsung di bandara. Kami sarankan berangkatlah lebih awal ke bandara 1-2 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat. Ingat, pesawat tidak akan menunda waktu keberangkatannya hanya untuk menunggu Anda yang datang terlambat. Pastikan semua barang yang harus Anda bawa sudah disimpan di dalam tas atau koper. Yang paling penting adalah handphone dan KTP Anda karena diperlukan saat proses check in.

Langkah II. Pergi ke Terminal Keberangkatan

Setibanya Anda di bandara, segera pergi ke terminal keberangkatan sesuai informasi yang tertera di dalam tiket. Ikuti papan petunjuk yang terpasang atau silakan bertanya kepada petugas yang sedang berjaga. Beberapa bandara skala besar seperti Bandara Soekarno-Hatta memang mempunyai banyak terminal keberangkatan. Anda tidak boleh salah memasuki terminal keberangkatan ini supaya berhasil melakukan check in.

Langkah III. Segera Lakukan Check-in

Setelah sampai di terminal keberangkatan, pergilah ke bagian pelayanan check in. Di sana sudah ada petugas yang siap membantu Anda. Biasanya Anda akan diminta untuk menyerahkan KTP dan e-ticket yang ada di dalam aplikasi HP. Jadi sebaiknya Anda membuat screenshoot e-ticket tersebut sebelumnya sehingga lebih mudah saat harus menunjukkannya kepada petugas. Lalu petugas pun akan memeriksa KTP dan e-ticket Anda serta mengonfirmasi di sistem bahwa Anda telah melakukan check in. Proses check in pun selesai. Kini Anda tinggal menunggu waktu untuk dipersilakan memasuki pesawat.