Cara Berlibur Naik Kapal Pesiar, Lengkap!

Bagaimana cara berlibur naik kapal pesiar? Salah satu impian semua traveller adalah berlayar menggunakan kapal pesiar yang mewah. Bukan tanpa alasan kenapa pilihan liburan yang satu ini begitu diminati. Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan benar-benar baru saat berlibur naik kapal pesiar. Anda akan menikmati masa pelayaran di lautan lepas sembari ditemani fasilitas-fasilitas komplit yang disediakan oleh pengelola. Pemandangan matahari terbit dan terbenam bisa Anda dapatkan dengan mudah di sini.

Jadi pantas saja kalau Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmati liburan di atas kapal pesiar. Jika Anda sudah berhasil menabung dan mengumpulkan uang yang cukup banyak, kini tiba saatnya untuk mewujudkan impian Anda buat naik ke kapal pesiar. Di bawah ini panduan lengkap khusus buat Anda yang ingin berlayar menaiki kapal pesiar.

Langkah 1. Memilih Kapal Pesiar

Anda bisa memulainya dengan memilih kapal pesiar terlebih dahulu. Setelah itu, kunjungi website resminya untuk melakukan reservasi secara online. Jangan lupa bacalah kebijakan kapal tersebut sebaik-baiknya. Setelah proses reservasi berhasil, Anda akan mendapatkan boarding pass dan luggage tag. Silakan cetak keduanya sebab Anda bakal menggunakannya untuk keperluan proses check-in. Bagi Anda yang baru pertama kali naik kapal pesiar, kami sarankan lakukan reservasi melalui agen perjalanan. Selain Anda bisa puas bertanya tentang serba-serbi kapal pesiar, biasanya Anda pun akan mendapatkan harga yang miring.

cara-naik-kapal-pesiar.jpg

Langkah 2. Menyiapkan Perjalanan

Perlu diketahui, saat naik kapal pesiar Anda akan mengarungi lautan luas selama beberapa hari. Waktunya sekitar 3-10 hari tergantung kapal pesiar yang dipilih. Jadi Anda harus menyiapkan perjalanan ini sebaik mungkin. Terutama soal pakaian yang perlu Anda bawa. Bawalah pakaian yang nyaman secukupnya. Tidak semua kapal pesiar memiliki fasilitas laundry sehingga Anda perlu memastikannya. Anda tidak perlu membawa obat-obatan atau makanan karena Anda akan mendapatkannya secara gratis setelah naik kapal. Jangan lupa bawa juga kartu kredit Anda. Bila tidak memilikinya, Anda harus menyiapkan beberapa lembar uang dolar amerika sebagai alat pembayaran.

Langkah 3. Melakukan Check-in

Proses check-in kapal pesiar tak ubahnya seperti ketika Anda akan naik pesawat. Anda harus datang ke pelabuhan yang sudah diberitahukan oleh pihak pengelola kapal pesiar pada saat Anda melakukan reservasi. Pastikan akan telah tiba di pelabuhan tersebut minimal 5 jam sebelum waktu keberangkatan mengingat jumlah calon penumpangnya sangat banyak. Di sini Anda diharuskan mengantre dengan tertib untuk melakukan check-in. Proses check-in dilakukan dengan menunjukkan boarding pass Anda kepada petugas.

Langkah 4. Menyerahkan Koper

Anda tidak perlu membawa sendiri koper bawaan yang begitu besar ke kamar. Koper ini bisa Anda serahkan kepada petugas untuk selanjutnya diantarkan ke kamar Anda. Anda cukup menjinjing tas ransel yang kecil dan ringan saja. Namun sebelumnya, Anda harus memasang luggage tag di koper tersebut sebagai identitas. Serahkan koper yang telah dipasangi luggage tag tadi kepada petugas di bagian bag drop. Selanjutnya petugas pun akan membawa koper ke kamar Anda.

Langkah 5. Melalui Pemeriksaan Keamanan

Anda harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dapat memasuki kapal pesiar. Antrelah dengan tertib bersama calon penumpang lainnya. Selanjutnya Anda akan melewati proses pemeriksaan menggunakan sinar X. Ikuti semua perintah yang dikatakan petugas. Dilarang keras membawa setrika dan steker untuk colokan listrik. Setelah dinyatakan lolos uji keamanan, Anda akan mendapatkan sea pass card. Ini merupakan kartu yang bisa Anda gunakan untuk keluar masuk kapal, mengunci kamar, dan alat pembayaran.

Langkah 6. Melewati Bagian Imigrasi

Setelah mendapatkan sea pass card, Anda bisa menuju ke bagian imigrasi. Silakan antrelah dengan tertib. Ikuti semua instruksi dari petugas, termasuk saat Anda diminta menunjukkan paspor. Setelah selesai, Anda pun bisa langsung menuju ke kapal pesiar. Tetapi jangan terburu-buru dulu ya. Sebelum masuk ke bagian dek kapal, Anda diminta untuk melakukan pemeriksaan keamanan sekali lagi. Serahkan sea pass card Anda untuk dipindai lagi. Kemudian paspor Anda akan diminta oleh petugas dan disimpan mereka selama masa pelayaran. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab paspor tersebut akan dikembalikan ke Anda lagi menjelang masa pelayaran berakhir.

Langkah 7. Silakan Nikmati Liburan

Setelah Anda berhasil naik ke kapal pesiar, sebaiknya langsung menuju ke kamar Anda untuk berkemas-kemas dan beristirahat sejenak. Koper yang tadi Anda titipkan ke petugas sudah ada di depan pintu kamar. Silakan ambil koper tersebut, lalu masuk ke kamar menggunakan sea pass card sebagai kunci pintunya. Berkemas dan beristirahat sejenak agar tubuh Anda menjadi lebih segar. Barulah kemudian Anda bisa ke luar dan menikmati semua fasilitas yang tersedia di kapal. Anda harus membaca buku panduan yang diterima agar mengetahui semua fasilitas yang gratis dan berbayar.