Buat yang Baru Pertama Nih, Begini Cara Makan Buah Plum yang Benar

Siapa yang baru pertama kali mencoba makan buah plum? Mungkin Anda juga termasuk salah satunya? Hal ini memang wajar sekali sebab plum bukanlah tanaman asli Indonesia. Walaupun pohon blum dapat ditanam di negeri ini, tetapi masih jarang petani yang mencoba membudidayakannya. Sehingga wajar sekali jika buah plum merupakan buah yang langka. Biasanya buah ini cuma dijual di supermarket besar. Harganya pun lumayan mahal karena persediaannya yang memang terbatas.

Bagi Anda yang sama sekali belum pernah memakan buah plum sebelumnya, buah plum ini mempunyai rasa yang dominan masam. Ada sih sedikit rasa manisnya di ujung. Cuma memang rasa masamnya masih jauh lebih kuat daripada manisnya. Itu sebabnya, mayoritas orang akan mengolah buah plum ini terlebih dulu ketimbang memakannya secara langsung. Anda mungkin penasaran bagaimana sih cara memakan buah plum yang benar itu biar rasanya enak, nimat, dan tentunya nyaman di perut?

cara-makan-buah-plum.jpg

Langsung Dimakan Begitu Saja

Setiap orang mempunyai rasa favoritnya masing-masing. Ada orang yang lebih suka rasa manis, gurih, pedas, atau masam. Jika Anda termasuk orang yang lebih suka dengan rasa yang asam karena memang begitu menyegarkan, Anda bisa kok mengonsumsi buah plum ini secara langsung. Makanlah buah plum segar ini layaknya Anda sedang menikmati camilan. Pastinya buah plum ini menyehatkan dan tidak bikin gemuk. Namun jangan berlebihan ya karena bisa menyebabkan sakit perut.

Diolah Menjadi Minuman Jus

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa masam, Anda bisa mengolah buah plum terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Cara yang paling simple yaitu membuat jus buah plum. Anda hanya perlu memasukkan buah plum ke dalam blender. Lalu tambahkan gula, sirup, madu, atau susu secukupnya sesuai selera Anda. Jangan lupa tambahkan pula beberapa bongkah es batu. Setelah itu tinggal proses deh. Segelas jus buah plum dingin pun siap disajikan.

makan-buah-plum-yang-benar.jpg

Dijadikan Pasta juga Enak Kok

Ternyata penyajian pasta selain dalam keadaan yang panas, ada pula pasta dingin loh. Pasta dingin ini biasanya menggunakan buah-buahan sebagai bahan pelengkapnya. Buah plum juga bisa kok digunakan dalam pembuatan pasta dingin ini. Cara membuatnya mudah sekali ya. Anda bisa memanfaatkan buah plum ini sebagai saus pasta atau dimasak bersama dengan pastanya langsung. Sebelum disajikan, pasta ini wajib disimpan dahulu di dalam kulkas selama beberapa saat agar suhunya semakin dingin.

Dibuat Menjadi Manisan Kering

Pada dasarnya, semua buah-buahan bisa kok diolah menjadi buah kering. Awalnya pengeringan buah ini bertujuan untuk memperpanjang masa penyimpanannya. Namun karena proses pengeringan juga akan meningkatkan rasa manis dari buah tersebut, maka beberapa orang lantas lebih menyukai buah yang telah dikeringkan. Termasuk buah plum ini juga dapat Anda keringkan di bawah sinar matahari langsung atau menggunakan oven. Buah plum kering mempunyai rasa yang lebih nikmat loh.

tips-memakan-buah-plum.jpg

Salad Buah Wajib Anda Coba!

Cara berikutnya untuk bisa menikmati buah plum yaitu membuatnya menjadi salad buah-buahan. Rasa buah plum yang masam, sedikit manis, banyak air, dan begitu segar ini cocok sekali diolah menjadi salad loh. Jangan lupa tambahkan buah-buahan lainnya biar rasa salad ini semakin mantap. Misalnya seperti anggur, stroberi, melon, apel, buah naga, dan juga jeruk. Anda tinggal memotong buah-buahan ini, lalu mencampurnya di dalam mangkuk. Kemudian tuangkan dressing berupa yoghurt dan madu secukupnya. Akan lebih lezat kalau salad ini didinginkan di kulkas terlebih dahulu.