Begini Nih Caranya Makan Buah Tin yang Benar!

Buah tin memang bukan berasal dari Indonesia. Namun buah ini begitu populer karena namanya sudah diabadikan di dalam Kitab Suci Al Quran. Bagi sebagian orang, buah tin disebut-sebut sebagai salah satu buah surga yang penuh dengan khasiat yang baik. Konon buah tin merupakan buah yang bisa mengobati segala macam penyakit. Maka tak heran kalau keberadaannya terus-menerus dicari. Anda sendiri bisa mendapatkan buah tin beserta tanamannya di www.tokotanaman.com.

Layaknya buah plum, buah tin juga masih cukup asing bagi sebagian besar masyarakat. Jangankan tahu tentang rasa dan aromanya, banyak loh orang yang sama sekali belum pernah melihat buah tin ini. Hal ini memang sangat wajar karena buah tin jarang tersedia di pasaran. Biasanya sih buah ini adanya cuma di supermarket. Itu pun stocknya akan cepat habis sebab langsung menjadi incaran para pengunjung. Jika Anda juga berhasil membelinya, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara makan buah tin ini?

Buah tin biasanya dijual dalam kondisi yang segar maupun buah yang telah dikeringkan. Ada pula produk olahan dari buah tin yang bisa Anda buat sendiri.

cara-makan-buah-tin.jpg

Cara Makan Buah Tin Segar

Pada dasarnya cara makan buah tin yang segar itu sama seperti memakan buah apel. Anda bisa langsung memakannya begitu saja. Tetapi jangan lupa mencucinya di bawah air yang mengalir dahulu ya. Khusus bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan lapisan kulit buah tin, Anda juga bisa kok mengupasnya memakai pisau terlebih dahulu. Buah tin ini mempunyai tekstur yang sangat lembut di bagian dalamnya. Lapisan kulitnya agak keras namun sebenarnya tetap boleh dimakan kok. Sedangkan rasa buah tin yaitu manis. Rasa manisnya tergantung varietasnya. Buah tin segar ini bisa tahan selama 1-2 hari di lingkungan luar serta 7-10 hari di dalam lemari es.

makan-buah-tin-kering.jpg

Cara Makan Buah Tin Kering

Di pasaran juga banyak tersedia produk olahan buah tin berupa buah tin yang telah dikeringkan. Tujuan utama mengeringkan buah tin ini semata-mata untuk memperpanjang masa simpannya. Buah tin kering bisa Anda simpan di lingkungan luar sampai dengan kurun waktu 1 bulan. Selain dapat memperpanjang masa simpannya, proses pengeringan juga mampu mengubah bentuk serta cita rasa buah tin. Buah tin kering ini nampak mirip seperti kurma raksasa. Rasanya sangat manis dengan tekstur yang agak kenyal. Itu sebabnya, sebagian besar orang justru lebih menyukai buah tin kering daripada buah tin yang segar. Silakan Anda bisa membelinya di www.souveniria.com.

Cara Membuat Produk Olahan Buah Tin

Anda juga bisa memakan buah tin dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi produk makanan yang lain. Contohnya antara lain :

  • Mengolah buah tin menjadi selai yang manis. Rasanya pasti nikmat banget deh.
  • Buah tin juga bisa dibuat menjadi dodol loh. Dodol buah tin? Wah, unik sekali ya!
  • Memanfaatkan buah tin kering layaknya kismis atau kurma. Dijamin lebih menarik.
  • Anda pun dapat membuat es buah memakai buah tin sebagai salah satu isiannya.
  • Salad buah juga bisa kok menggunakan tambahan buah tin sebagai pemanisnya.
  • Bagi pencinta oatmeal, Anda bisa membaut oatmeal yang diberi tambahan buah tin.
  • Buah tin bisa Anda gunakan sebagai campuran bahan untuk membuat kue dan roti.