9 Langkah : Cara Membuat Kopi Vietnam Sendiri untuk Pemula

Faktanya kebiasaan meminum kopi tidak cuma dilakukan oleh masyarakat Indonesia saja loh. Berbagai negara di belahan dunia yang lain pun mempunyai kebiasaan yang sama. Kopi memang memiliki rasa dan aroma yang sangat nikmat. Apalagi kandungan kafein di dalamnya sanggup membuat kita merasa lebih rileks. Minuman kopi ini mampu menghangatkan suasana serta menyatukan semua orang. Kami yakin deh Anda juga merasakan kenikmatan yang sama ketika meminum kopi, kan?

Tapi apakah Anda sudah tahu tentang kopi khas Negara Vietnam? Yap, Vietnam mempunyai kopi yang otentik dengan rasa yang luar biasa nikmat dan sensasional. Di beberapa café, minuman kopi khas dari Vietnam ini biasa dilabeli dengan nama kopi vietnam atau vietnamese coffee. Salah satu keunikan kopi ala Vietnam yaitu proses penyeduhan bubuk kopinya dilakukan menggunakan alat saring khusus yang dinamakan vietnam drip, atau masyarakat Vietnam menyebutnya phin.

Harga menu kopi vietnam di café-café ternama lumayan mahal loh mengingat minuman ini mempunyai rasa dan aroma yang sungguh nikmat. Kopinya terasa begitu kuat yang berpadu dengan apik bersama lembut, gurih, dan manisnya susu. Padahal sih membuat kopi vietnam ini tidak terlalu sulit kok. Bahkan kalau mau, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Syarat utamanya tentu Anda harus mempunyai vietnam drip terlebih dahulu ya. Sebab alat ini mutlak digunakan dalam pembuatan kopi ala Vietnam.

cara-membuat-kopi-vietnam.jpg

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kopi vietnam antara lain :

  • Kopi vietnam biasanya dibuat menggunakan biji kopi jenis robusta yang memang mempunyai rasa masam yang cukup kuat. Kalau bisa sih pilihlah kopi robusta yang telah diproses dengan teknik dark roast coffee. Ini merupakan biji kopi yang paling sesuai dengan biji kopi yang biasa digunakan oleh masyarakat Vietnam.
  • Gunakan grinder manual untuk mengolah biji kopi menjadi bubuk kopi yang siap seduh. Dengan memakai grinder manual, maka bubuk kopi yang dihasilkan pun menjadi lebih kasar. Bubuk kopi dengan ukuran yang kasar inilah yang paling cocok untuk membuat kopi vietnam.
  • Timbanglah biji kopi yang akan diseduh terlebih dahulu. Biasanya sih untuk membuat segelas kopi vietnam diperlukan biji kopi seberat 22 gram. Ketepatan pemakaian komposisi bahan ini sangat penting untuk menghasilkan cita rasa kopi yang pas. Dari biji kopi seberat 22 gram ini nantinya akan dihasilkan bubuk kopi sebanyak 2 sendok makan.
  • Siapkan susu kental manis di dalam gelas. Untuk jumlahnya sih bisa disesuaikan menurut selera Anda karena fungsi susu ini hanya sebagai penyeimbang rasa sehingga tidak ada takaran yang pasti. Ingat ya, Anda harus menggunakan susu kental manis. Jangan memakai susu bubuk atau susu cair sebab karakteristik dan rasanya berbeda.

membuat-kopi-vietnam.jpg

Silakan Anda bisa mengikuti panduan membuat kopi vietnam dengan langkah-langkah di bawah ini!

  1. Tuangkan 2 sendok makan bubuk kopi ke dalam vietnam drip. Lalu ratakan permukaan bubuk kopi ini memakai sendok.
  2. Tekanlah bubuk kopi tersebut menggunakan alat penekan pada vietnam drip. Setelah itu, Anda bisa meninggalkan alat ini di dalam drip.
  3. Tuangkan susu kental manis ke dalam cangkir atau gelas. Sekali lagi, jumlah susu kental manis yang digunakan bisa disesuaikan selera.
  4. Taruhlah vietnam drip yang telah berisi bubuk kopi di atas gelas/cangkir yang telah diberi susu kental manis di dalamnya tadi.
  5. Tuangkan air panas yang benar-benar baru mendidih sebanyak 45-50 ml ke dalam drip. Seketika tetesan kopi pun akan mengalir perlahan-lahan jatuh ke gelas di bawahnya.
  6. Anda harus sabar menunggu vietnam drip meneteskan kopi sedikit demi sedikit. Mungkin akan dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit sampai kopi berhenti menetes.
  7. Tambahkan lagi air panas sebanyak 20-30 ml ke dalam drip untuk memenuhi gelas kopi. Lantas Anda juga perlu menunggu tetesannya berhenti sekali lagi.
  8. Setelah air di dalam drip sudah habis dan berhenti menetes, segera Anda bisa mengangkat alat vietnam drip dari atas gelas.
  9. Anda bisa mengaduk kopi dan susu di dalam gelas agar tercampur rata. Barulah kemudian Anda bisa menambahkan es batu secukupnya ke dalam gelas tersebut.