8 Tips Liburan di Kapal Pesiar untuk Anda

Anda berencana liburan di kapal pesiar dalam waktu dekat ini? Belum banyak masyarakat di Indonesia yang sudah merasakan sensasi berlibur menggunakan kapal pesiar yang penuh dengan kemewahan. Selain karena biaya yang dibutuhkannya tidak sedikit, saat ini belum ada pengelola wisata kapal pesiar yang berasal dari Tanah Air. Sungguh miris memang mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah perairan terbesar di dunia. Padahal jika dikembangkan, sektor pariwisata ini sangat diminati.

Meskipun pada hakikatnya kapal pesiar adalah sebuah kapal, tetapi faktanya ialah kapal pesiar sangat berbeda dari kapal-kapal penumpang pada umumnya. Kapal pesiar dapat diibaratkan sebagai sebuah hotel yang bisa berjalan membawa seluruh penghuninya mengelilingi berbagai negara. Semua fasilitas yang ada di hotel bisa Anda nikmati di kapal pesiar ditambah dengan fasilitas-fasilitas bergengsi lainnya. Sehingga pelayaran Anda mengarungi lautan lepas di berbagai negara bakal terasa sangat menyenangkan.

tips-liburan-kapal-pesiar.jpg

Bagi Anda yang baru pertama kali naik kapal pesiar, kami akan memberikan tips-tips yang berguna buat Anda!

  1. Pesan 3 Bulan Sebelumnya

Anda sebaiknya melakukan pemesanan paling tidak 3 bulan sebelum keberangkatan. Idealnya sih 6-8 bulan sebelumnya. Kenapa? Hal ini dilakukan supaya Anda bisa mempelajari masing-masing kapal pesiar tersebut sehingga bisa menentukan mana yang paling tepat. Semakin jauh waktu memesan, Anda juga akan mendapatkan harga yang semakin murah. Pilih kapal pesiar dengan fasilitas yang memang benar-benar Anda butuhkan.

  1. Mulailah dari Benua Asia

Sebagai penduduk Asia, Anda sebaiknya mengarungi lautan di wilayah Benua Asia terlebih dahulu. Selain akan menambah pengetahuan Anda tentang kampung halaman, Anda pun bakal merasa lebih nyaman karena berada tidak jauh dari rumah. Pilihlah destinasi pelayaran yang mengagumkan dan penuh pengalaman. Hal ini akan membuat Anda sebagai penumpang merasa lebih tenang dan percaya diri.

  1. Ambil Waktu 3-5 Hari

Setiap kapal pesiar menawarkan pengalaman mengarungi samudera dengan waktu yang berbeda-beda. Khusus buat Anda yang baru pertama kali dan tidak terbiasa hidup di laut, Anda bisa memilih paket reguler dengan waktu sekitar 3-5 hari. Perlu Anda ketahui, senyaman apapun kapal pesiar, suasananya pasti berbeda dibandingkan Anda hidup di daratan. Biasanya 3 malam pertama Anda masih menyesuaikan diri dengan kondisi lautan. Barulah setelah malam 4 dan 5, Anda bisa menikmatinya.

  1. Pastikan Makanannya Halal

Sebagai seorang muslim, Anda tetap wajib menjaga makanan hanya dengan memakan masakan-masakan yang halal lagi baik. Cuma masalahnya jarang sekali kapal pesiar yang mempunyai masakan halal. Di sini butuh ketelitian Anda untuk menemukan kapal pesiar yang memiliki label halal di setiap masakan yang dibuatnya. Namun jika Anda tetap tidak menemukannya, Anda masih bisa menaiki kapal tersebut. Lalu saat waktu makan, Anda bisa ke tempat makan vegetarian atau seafood.

  1. Susun Rencana Kegiatan

Biaya yang Anda keluarkan saat memesan tiket kapal pesiar sudah mencakup kamar tidur dan sebagian besar fasilitas yang ada. Beragam wahana seperti kolam renang, spa, gym center, dan bioskop bisa Anda nikmati secara cuma-cuma. Sebaiknya Anda sudah merencanakan kegiatan apa saja yang bakal dilakukan di atas kapal pesiar agar nantinya tidak bingung sendiri karena melihat fasilitas yang begitu banyak.

  1. Singgah di Negara Lain

Kapal pesiar biasanya akan berlabuh beberapa kali di negara-negara yang dilaluinya. Jangan terus-menerus di atas kapal! Sebaiknya Anda sudah menyisihkan uang khusus untuk singgah sebentar di negara tersebut. Waktu yang diberikan biasanya sekitar 8-10 jam mulai dari pagi hingga sore hari. Anda bisa berjalan-jalan sendiri atau memakai jasa pemandu wisata yang tersedia.

  1. Ajak Orang-orang Terdekat

Liburan memang paling asyik jika dilakukan secara beramai-ramai. Begitu pula pada saat Anda menaiki kapal pesiar, sebaiknya Anda tidak pergi berdua bersama pasangan saja. Anda bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berlayar bersama. Hal ini akan membuat suasana di atas kapal menjadi lebih semarak dan hidup. Ketika melakukan tur di negara lain, Anda pun dapat menghemat pengeluaran karena bisa patungan menyewa jasa tur, kendaraan, hingga memesan makanan paket keluarga.

  1. Tidak Perlu Pusing

Anda ibarat bos besar kalau sudah berada di kapal pesiar. Semua kebutuhan Anda akan dilayani dengan baik oleh seluruh kru kapal. Begitu pula dengan pengurusan visa, beberapa negara di Asia memang sudah membebaskan warga Indonesia dari visa. Namun untuk negara yang masih memerlukan visa, Anda tidak perlu bingung mengurusnya karena akan dibantu dengan baik. Beberapa kapal pesiar bahkan melayani pengurusan visa di atas kapal sebab sudah bekerja sama dengan negara tersebut.