7 Tips Membeli Oleh-oleh Saat Liburan

Apakah Anda memerlukan tips membeli oleh-oleh? Anda tentu tidak boleh pulang dengan tangan kosong setelah pergi berlibur ke suatu tempat wisata. Setidaknya dengan oleh-oleh tersebut Anda bisa berbagai suasana yang penuh dengan kebahagiaan kepada orang-orang terdekat. Jadi ketika suatu saat mereka juga pulang dari liburan, Anda juga akan dibawakan oleh-oleh sebagai gantinya.

Itu sebabnya, oleh-oleh tidak bisa dilepaskan dari momen liburan. Untungnya ada banyak sekali benda yang dapat dijadikan sebagai buah tangan yang menarik. Dari mulai kerajinan tangan, cinderamata, kaos, miniatur, hingga kuliner khas daerah tersebut. Namun faktanya masih banyak orang yang merasa kebingungan ketika hendak membeli oleh-oleh. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya?

tips-membeli-oleh-oleh.jpg

Kali ini kami akan berbagi tips-tips seputar pembelian oleh-oleh sebagai buah tangan.

  1. Buat Anggaran Tersendiri

Anda tidak boleh mencampurkan anggaran liburan dengan anggaran untuk membeli oleh-oleh. Jika kedua anggaran tersebut dicampurkan akibatnya uang yang tersisa untuk membeli oleh-oleh tinggal sedikit. Anda sudah terlalu banyak menghabiskan uang untuk bepergian, mencoba wahana permainan, dan menikmati kuliner. Maka dari itu, disarankan meletakkan uang untuk pembelian oleh-oleh di amplop yang terpisah.

  1. Siapkan Catatan Kecil

Di pusat oleh-oleh nanti Anda akan menemukan banyak sekali benda menarik yang cocok dijadikan buah tangan. Tetapi tidak semua benda tersebut cocok dengan kemauan orang yang akan Anda beri dan berguna baginya. Sehingga Anda harus menyiapkan sebuah catatan kecil berisi daftar orang yang akan diberi oleh-oleh serta memilihkan barang apa yang tepat untuknya.

  1. Ciri Khas Daerah

Oleh-oleh yang bagus harus mengandung ciri khas daerah dan kearifan lokal tempat wisata yang Anda kunjungi. Semakin kental nuansa tradisional yang dimilikinya, semakin tinggi pula nilainya. Untuk keperluan ini, Anda bisa menelusuri di internet benda-benda atau kuliner khas daerah tujuan wisata Anda. Tidak ada salahnya Anda juga bertanya kepada staf hotel untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik.

  1. Beli di Pasar Tradisional

Kami sarankan hindarilah membeli buah tangan di pusat oleh-oleh. Apa sebabnya? Karena harga barang-barang di tempat tersebut pasti lebih mahal daripada di toko sekitarnya. Untuk mendapatkan harga yang lebih baik, Anda bisa berburu oleh-oleh di pasar tradisional terdekat. Selain ragam pilihannya lebih banyak, Anda juga bisa melakukan tawar-menawar harga. Lumayan loh selisihnya bisa mencapai Rp 5-10 ribu/produk.

  1. Jangan Pakai Kartu Kredit

Kartu kredit hanya boleh Anda gunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok yang dirasa penting sekali. Jangan pernah menggunakan kartu kredit tersebut untuk membeli oleh-oleh meskipun pihak toko memberikan iming-iming berupa potongan harga atau diskon khusus. Penggunaan kartu kredit akan membuat Anda tidak sadar telah mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli buah tangan.

  1. Jangan Terburu-buru

Momen yang paling tepat untuk berburu oleh-oleh adalah ketika Anda sudah puas menikmati suasana liburan. Pikiran Anda sudah kembali jernih sehingga mampu melakukan apa saja. Jangan pernah terburu-buru saat memilih buah tangan. Pilih dengan teliti dan minta pertimbangan teman perjalanan Anda. Pastikan barang tersebut dapat berfungsi dengan baik sebagaimana kegunaannya.

  1. Kuliner yang Tahan Lama

Apabila Anda ingin membawa kuliner khas daerah untuk dibawa pulang, pertimbangkan kembali apakah masakan tersebut bisa tahan di perjalanan atau tidak. Sebab kalau ternyata sesampainya di rumah kuliner bawaan Anda sudah basi, Anda justru membuang-buang uang. Sebisa mungkin pilihlah makanan kering sehingga lebih tahan lama. Kalau Anda terpaksa membeli makanan berkuah, mintalah si penjual untuk memisah kuah dengan isinya. Anda bisa membeli kuliner ini sesaat sebelum melakukan perjalanan pulang.