6 Tips Liburan Menyenangkan saat Musim Hujan

Menjelang akhir tahun sudah bisa ditebak kalau kondisi cuaca di Indonesia akan mengalami perubahan secara drastis. Dari kondisi cuaca yang sebelumnya terik dan panas karena musim kemarau akan berubah seratus delapan puluh derajat. Yap, siap-siap menyambut datangnya musim hujan, di mana hujan bisa turun setiap hari di negeri ini. Di satu sisi hujan merupakan berkah bagi umat manusia. Namun di sisi lain kita juga harus waspada terhadap hujan.

Sebagian besar orang menghindari bepergian saat hujan. Alasannya karena suhu udara ketika hujan turun akan berubah menjadi dingin sampai sangat dingin. Bagi mereka yang tidak tahan terhadap udara dingin, suhu dingin tersebut tentu akan sangat mengganggu. Kondisi tubuh Anda akan menurun drastis jika tidak kuat terhadap suhu dingin. Akibatnya Anda pun menjadi tidak bisa menikmati suasana liburan yang seharusnya terasa menyenangkan.

tips-liburan-saat-hujan.jpg

Oleh sebab itu, kalau ingin pergi berlibur pada saat musim hujan, Anda harus menyiapkan perjalanan tersebut dengan matang. Berikut ini kiat-kiat selengkapnya!

  1. Pilih Objek Wisata yang Tepat

Beberapa objek wisata akan terlihat jauh lebih menarik pada saat musim penghujan tiba. Misalnya seperti air terjun, danau, dan sungai. Cobalah rencanakan kesempatan liburan kali ini untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Ketika musim hujan tiba, kondisi air di tempat wisata tadi akan melimpah ruah sehingga pemandangan alam yang ditampilkan pun lebih memesona.

  1. Wahana Indoor sebagai Alternatif

Jika Anda benar-benar tidak tahan terhadap suhu dingin, Anda bisa memilih wahana wisata modern yang dibangun di dalam gedung. Objek wisata indoor mungkin akan sangat tepat bagi Anda. Di Indonesia sudah banyak kok wahana wisata yang dibangun dengan konsep indoor. Mulai dari wahana permainan modern, kolam renang, pusat perbelanjaan, sampai akuarium raksasa.

  1. Bawa Payung dan Jas Hujan

Sedia payung sebelum hujan. Untuk berjaga-jaga dari guyuran air hujan ketika Anda sedang asyik menikmati objek wisata, jangan lupa untuk membawa payung. Pastikan payung tersebut dapat berfungsi normal. Bila Anda berkendara menggunakan sepeda motor, usahakan jas hujan selalu tersimpan di dalam bagasi kendaraan. Kami jamin payung dan jas hujan ini akan sangat berguna bagi Anda nantinya.

  1. Kenakan Pakaian yang Tebal

Anda membutuhkan pakaian yang tebal untuk menghangatkan tubuh saat hujan tiba. Paling tidak, Anda perlu mengenakan jaket yang cukup hangat serta sarung tangan dan kaos kaki untuk melindungi tubuh. Buatlah kondisi badan Anda tetap merasa nyaman meskipun suhu udara sedang cukup dingin. Namun jangan lupa untuk memperhatikan gaya busana yang dipakai supaya Anda tetap terlihat menarik.

  1. Cari Momen yang Lebih Baik

Hujan tidak melulu akan membuat suasana berubah menjadi membosankan. Anda tetap bisa tampil ceria pada saat hujan turun. Kuncinya adalah nikmati hujan tersebut. Faktanya ada beberapa momen menarik yang hanya bisa diabadikan ketika cuaca sedang hujan. Misalnya momen ketika Anda bermain air hujan, jatuhnya air ke pohon, deretan payung yang berwarna-warni, dan sebagainya. Ciptakan momen tersebut.

  1. Lawan dengan Makanan/Minuman Hangat

Suhu udara pasti akan berubah menjadi dingin kala air hujan turun. Anda tidak boleh pasrah begitu saja dengan kondisi tersebut. Lawan suhu udara yang dingin memakai makanan dan minuman yang hangat agar tubuh Anda tetap merasa bugar. Cobalah pesan semangkuk soto, bakso, atau mie ayam. Bisa juga menggunakan camilan yang menghangatkan badan seperti jagung bakar, kacang rebus, atau pisang rebus. Setelah itu, nikmati secangkir wedang yang hangat sambil menikmati tetesan air hujan.