5 Tips Penting Sebelum Berlibur ke Jepang

Ini kesempatan pertama Anda untuk berlibur ke Jepang? Anda harus memaksimalkannya agar liburan dengan budget mahal kali ini berakhir dengan kepuasan. Jepang selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi para turis dunia, termasuk Indonesia salah satunya. Tidak lain karena Jepang menawarkan beragam pilihan tempat wisata yang menarik dan menakjubkan. Terlebih suasana di Negeri Sakura ini benar-benar berbeda daripada di negeri kita tercinta.

Ada banyak pilihan objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Negara Jepang. Buat Anda pencinta drama, pemandangan alam, kecanggihan teknologi, atau pun sekadar bersenang-senang, semuanya ada di Jepang. Jadi mempersiapkan perjalanan sejak dari rumah merupakan tindakan yang bijaksana sebelum Anda tiba di negeri sejuta pesona ini. Jangan sampai deh setibanya Anda di Jepang, Anda justru kebingungan sendiri mau pergi ke mana sebab semuanya tampak begitu menarik.

tips-liburan-ke-jepang.jpg

Ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti sebelum pergi berlibur ke Jepang!

  1. Tahu Kebiasaan Orang Jepang

Salah satu kebiasaan orang Jepang yang sangat menonjol adalah disiplin. Mereka sangat disiplin terhadap ketepatan waktu berbanding terbalik dengan orang Indonesia. Misalnya contoh yang paling sepele ialah mengantre dengan rapi, tidak memotong antrean, menunggu waktu untuk menyeberang jalan, dan sebagainya. Bahkan kendaraan transportasi di negeri ini juga akan berangkat persis sesuai keterangan waktu yang terlampir di karcis.

  1. Tentukan Waktu yang Tepat

Jepang mempunyai iklim subtropis. Ini artinya ada empat musim yang datang silih berganti ke negeri Jepang. Anda yang tinggal di Indonesia tentu merasa penasaran dengan salju, jadi datanglah ke Jepang ketika musim dingin. Walaupun Anda harus merasakan dingin luar biasa, tetapi sebanding dengan pengalaman baru yang didapatkan. Begitu pula jika Anda ingin melihat cantiknya bunga sakura, datanglah pada akhir musim semi menuju ke musim gugur.

  1. Bawa Pakaian Seperlunya Saja

Ingat ya kepergian Anda dari rumah kali ini hanya untuk liburan, bukan untuk pindah tempat tinggal. jadi bawalah pakaian seperlunya saja. Toh kalau pun kotor nanti, Anda masih punya kesempatan untuk mencucinya di tempat penginapan. Jangan jadikan pengalaman liburan kali ini terasa memberatkan karena Anda harus membawa pakaian yang banyak. Khusus untuk alas kaki, bawalah kaos kaki yang tebal dan sepatu yang tidak bertali. Hal ini akan memudahkan Anda melepaskan sepatu ketika ingin memasuki restoran tradisional atau kuil di Jepang.

  1. Siapkan Obat-obatan yang Cukup

Kondisi cuaca di Jepang cukup berbeda dengan di Indonesia. Bagi orang tropis seperti kita, suhu udara di Jepang terasa begitu dingin meski di musim panas sekali pun. Selain pakaian yang tepat, Anda juga perlu membawa obat-obatan yang dapat membantu Anda beradaptasi dengan kondisi lingkungan setempat. Pastikan juga tubuh Anda fit sebelum berangkat ke Jepang dengan mengonsumsi suplemen yang diperlukan.

  1. Cari Tahu Restoran yang Halal

Bagi Anda yang beragama islam, tentunya Anda tetap harus menjaga makanan dengan memilih makanan dan minuman yang halal lagi berkah. Anda tidak boleh mencoba mengonsumsi makanan/minuman yang haram seperti daging babi atau arak di negeri ini. Untuk amannya, pilihlah menu masakan berupa sayur, buah, dan ikan laut yang direbus atau dikukus. Sebaiknya Anda juga mencari referensi restoran halal di Jepang sejak dari Indonesia.