5 Tips Hemat Pergi Berlibur ke Pulau Bali

Anda butuh tips hemat pergi berlibur ke Pulau Bali? Indonesia merupakan negeri dengan sejuta pesona. Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang dimiliki oleh negeri kita tercinta. Salah satunya di mana lagi kalau bukan Pulau Bali. Pulau yang mempunyai sejuta pura ini memiliki pilihan objek wisata yang sangat beragam. Mulai dari objek wisata alami hingga objek wisata buatan. Dan semuanya mempunyai kualitas dengan standar internasional.

Jadi kalau mau liburan ke Pulau Bali, Anda harus menyiapkan anggaran yang cukup dalam. Boleh dibilang harga rata-rata tiket masuk tempat wisata di Pulau Dewata ini lebih mahal daripada daerah-daerah lain di Indonesia. Meskipun Anda akan bertemu dengan banyak turis asing di sini, untungnya pemerintah daerah setempat memberlakukan harga karcis masuk khusus untuk warga negara Indonesia.

berlibur-ke-pulau-bali.jpg

Nah, bagi Anda yang berniat pergi ke Pulau Bali dengan budget hemat bisa memperhatikan kiat-kiat dari kami di bawah ini!

  1. Pastikan Tubuh Anda Bugar

Berlibur selalu menjadi momen yang sangat menyenangkan. Tetapi saat liburan, Anda akan melakukan aktivitas yang lebih banyak daripada biasanya. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk mempersiapkan diri dengan baik. Oleh sebab itu, Anda wajib menjaga kebugaran. Pastikan tubuh Anda benar-benar fit dan tidak ada masalah apapun. Bila perlu konsumsi pula multi-vitamin tambahan untuk mendukung kesehatan Anda. Tidak lucu kan kalau setibanya di Pulau Bali, Anda justru sakit-sakitan?

  1. Naik Kapal Feri Saja

Khususnya buat Anda yang tinggal di Pulau Jawa, Anda bisa menekan biaya liburan dengan memilih mengendarai kapal feri dibandingkan dengan pesawat. Alasannya tentu saja harga tiket kapal feri jauh lebih murah daripada tiket pesawat. Anda juga akan mendapatkan pengalaman baru apabila liburan dengan menaiki kapal. Tips kami, gunakan moda transportasi darat yang berbeda untuk menuju ke bagian paling timur Pulau Jawa. Misalnya Anda bisa mengendarai kereta saat berangkat dan memakai bis ketika pulang.

  1. Pilih Penerbangan Jam Malam

Buat Anda yang sering terkena mabuk darat dan mabuk laut sebaiknya tidak usah memaksakan diri menaiki bis atau kapal yang malah membuat liburan Anda terasa begitu mengenaskan. Anda tetap bisa menghemat anggaran walaupun harus mengendarai pesawat. Triknya adalah pilih penerbangan pada jam-jam malam. Harga tiket pesawat pada jam malam biasanya lebih murah daripada waktu-waktu lainnya. Keuntungan lainnya ialah Anda bisa tidur nyenyak di pesawat sehingga waktu perjalanan pun terasa lebih singkat.

  1. Check-in Hotel di Waktu yang Tepat

Anda harus tahu kalau kebanyakan hotel-hotel di Indonesia memberlakukan waktu sekali penginapan dimulai dari pukul 12 siang. Jadi usahakan Anda untuk melakukan check-in di hotel setelah jam 12 siang. Apabila Anda tiba di Pulau Bali sebelum waktu tersebut, cobalah nikmati suasana di dalam bandara atau pelabuhan untuk sementara waktu. Anda bisa berburu foto yang menarik di kedua tempat ini. Jangan lupa juga mencicipi kuliner tradisional setempat serta beramah tamah dengan penjualnya. Dari penjual tersebut Anda bisa mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang sedang ngehits.

  1. Nikmati Wisata Alam Sepuas-puasnya

Pulau Bali setidaknya memiliki dua jenis objek wisata berdasarkan asal-usulnya yaitu objek wisata alami dan objek wisata buatan. Untuk liburan dengan anggaran yang terbatas, kami sarankan pergilah ke tempat wisata yang bersifat alamiah seperti pantai, sungai, danau, gunung, dan lain-lain. Sebab di tempat wisata ini Anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk saja. Selanjutnya Anda bebas mau melakukan apa saja di tempat tersebut tanpa biaya alias gratis. Misalnya saat pergi ke pantai, Anda bisa bermain pasir, mengumpulkan kerang, berenang, bermain olahraga air, dan lain-lain.