10 Tips Paling Manjur agar Daging Sapi Lebih Cepat Empuk

Daging sapi memang akan mempunyai sensasi rasa yang lebih nikmat kalau teksturnya empuk, lembut, dan tidak keras. Biasanya sih dibutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk mengempukkan daging sapi tersebut. Tapi dengan menerapkan tips dan trik di bawah ini, Anda bisa membuat daging sapi tersebut lebih cepat empuk dari biasanya.

Irislah Daging agar Lebih Tipis

Trik pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk pada saat dimasak yaitu Anda dapat mengirisnya menjadi irisan-irisan yang lebih tipis. Contohnya kalau ketebalan daging tersebut saat ini adalah 1 cm, Anda bisa mengirisnya lagi menjadi dua bagian sehingga ketebalan masing-masing irisannya cuma 5 mm. Trik ini biasanya dipakai oleh restoran All You Can Eat. Dengan ukuran daging yang lebih tipis, maka proses memasaknya pun menjadi semakin singkat karena daging sapi tersebut lebih cepat empuk

agar-daging-sapi-cepat-empuk.jpg

Potonglah Daging Lebih Kecil

Kalau Anda tak suka mengiris daging sapi dengan ukuran yang terlalu kecil karena menyebabkan sensasi rasanya menjadi kurang, maka cobalah untuk memotong-motong daging tersebut jadi lebih kecil lagi. Ingat ya, mengiris dan memotong itu dua pekerjaan yang berbeda. Memotong berarti Anda mengurangi ukuran panjang dan lebarnya. Potongan daging sapi yang besar secara otomatis membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. Berbeda dengan potongan yang lebih kecil, Anda bisa mengempukkannya dalam waktu yang lebih singkat.

Gores-gores Permukaan Daging

Daging sapi juga akan menjadi lebih cepat empuk kalau Anda menggores-gores permukaannya terlebih dahulu sebelum memasaknya. Buatlah goresan sedalam 2-3 mm di permukaan daging sapi tersebut ke dalam. Buatlah sayatan/goresan yang cukup banyak, baik di bagian permukaan atas daging maupun bawahnya. Anda bisa membuat sayatan membentuk garis diagonal yang belawanan secara acak. Kalau bisa perhatikan alurnya sebab luka sayatan ini akan terlihat jelas saat daging sudah matang nanti. Trik ini cocok diterapkan pada daging yang hendak dibakar atau dipanggang.

daging-sapi-cepat-empuk.jpg

Pukul-pukul Daging Tersebut

Salah satu cara tradisional untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk yaitu memukul-mukulnya. Trik ini bahkan sudah sering digunakan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu yakni untuk membuat dendeng, empal, atau rendang. Anda dapat memanfaatkan tongkat kayu yang berbentuk bulat untuk memukul-mukul daging tersebut. Jika tak ada, bisa juga kok memakai martil alias palu. Tapi pukulannya jangan terlalu keras ya agar tidak membuat bentuk daging sapi tadi menjadi gepeng. Anda bisa memukul daging ini beberapa kali untuk merusak jalinan seratnya sehingga daging pun menjadi cepat empuk.

Masak dengan Panci Presto

Kalau Anda mau menggunakan solusi yang modern untuk mengempukkan daging sapi yaitu Anda dapat memakai panci presto (pressure cooker). Panci presto merupakan panci yang bekerja menggunakan tekanan uap air untuk mengempukkan bahan-bahan masakan yang ada di dalamnya. Dengan demikian, waktu memasak daging sapi pun bisa menjadi lebih cepat selesai. Keunggulan memakai panci presto yaitu tekstur dan rasa daging sapi yang dimasak tidak mengalami banyak perubahan jika dibandingkan dengan proses memasak biasa yang memerlukan waktu lebih lama.

Manfaatkan Daun Pepaya

Ternyata daun pepaya mempunyai kemampuan untuk mengempukkan daging loh. Bukan cuma daging sapi saja, tapi daging ayam kampung pun bisa lebih cepat empuk bila Anda memasaknya menggunakan daun pepaya ini. Hanya saja Anda perlu memperhitungkan dengan bijaksana jumlah daun pepaya yang digunakan agar tak mencemari rasa daging sapi tersebut. Sebab seperti kita tahu, daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit. Pemakaian daun pepaya yang berlebihan akan membuat rasa daging sapi pun menjadi agak pahit. Sebaiknya gunakan daun pepaya ini pada rebusan pertama saja.

membuat-daging-sapi-cepat-empuk.jpg

Pakai Air Sari Buah Nanas

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging sapi yaitu air sari buah nanas. Air dari buah nanas ini ampuh sekali membuat daging sapi lebih cepat empuk. Namun di sisi lain Anda juga harus berhati-hati dalam menakarnya. Sekali lagi kami ingatkan jika air sari buah nanas memang sangat ampuh mengempukkan daging sapi. Bahkan karena saking ampuhnya, daging sapi bisa berubah menjadi bubur kalau direndam terlalu di air nanas ini. Rendamlah potongan daging sapi di air nanas selama 1-2 menit saja, lantas Anda harus segera memasaknya.

Rendam di Air Teh Dahulu

Anda juga bisa memanfaatkan air teh untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk. Di dalam air teh ini, terkandung zat tanin yang bisa berperan sebagai bahan pengempuk alami. Tapi Anda harus memakai air teh yang cukup pekat untuk mengempukkan daging sapi tersebut. Anda hanya perlu membuat air teh yang pekat terlebih dahulu. Kemudian masukkan potongan-potongan daging sapi ke dalam air teh ini. Rendamlah potongan daging sapi tersebut selama 15-20 menit. Barulah setelah itu, Anda bisa memasak daging sapi ini sesuai dengan selera.

membikin-daging-sapi-cepat-empuk.jpg

Rendam di Baking Powder

Siapa sangka kalau baking powder memiliki manfaat yang banyak sekali? Selain berguna untuk membuat adonan kue, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengempukkan daging loh. Baking powder secara efektif dapat mempercepat proses pengempukan daging sapi saat dimasak. Tidak percaya? Coba sendiri dulu deh. Sebelum dimasak, Anda bisa merendam daging sapi tersebut di dalam baking powder selama 15-20 menit. Pastikan semua bagian daging terendam ya. Barulah kemudian Anda bisa memasak daging tersebut dengan bumbu-bumbu yang membuatnya semakin lezat.

Gunakan Potongan Jahe

Pemakaian jahe pada saat memasak daging sapi ternyata tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau amisnya saja loh. Jahe ternyata cukup efektif dalam membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Anda bisa menggunakan potongan-potongan jahe dalam jumlah yang cukup banyak saat memarinasi daging tersebut. Potongan-potongan jahe ini secara cepat akan mengempukkan daging sapi serta tentu membuatnya rasanya pun semakin nikmat lagi. Silakan dicoba ya!